SATU PERISTIWA, DUA RASA



Seorang penulis terkenal duduk di ruang kerjanya...dia mengambil penanya... dan mulai menulis :

Tahun lalu... saya harus dioperasi untuk mengeluarkan batu empedu. Saya harus terbaring cukup lama di ranjang.
Di tahun yang sama.... saya berusia 60 th dan harus keluar dari pekerjaan di perusahaan yang begitu saya senangi...yang sudah saya tekuni selama 30 thn.
Di tahun itu juga..saya ditinggalkan ayah tercinta.
Kemudian... masih di tahun yang sama anak saya gagal di ujian akhir kedokteran....karena kecelakaan mobil. Biaya bengkel akibat kerusakan mobil adalah bentuk kesialan di tahun itu....

Akhirnya dia menulis :
Sungguh...Tahun yang sangat buruk !
                                       
Istri sang penulis masuk ke ruangan... dan menjumpai suaminya yang sedang sedih dan termenung. Dari belakang...sang istri melihat tulisan sang suami. Perlahan-lahan ia mundur dan keluar dari ruangan....15 menit kemudian dia masuk lagi dan meletakkan sebuah kertas berisi tulisan sebagai berikut :

Tahun lalu... akhirnya saya berhasil menyingkirkan kantong empedu saya yang selama bertahun-tahun membuat perut saya sakit.
Di tahun itu juga...saya bersyukur bisa pensiun dengan kondisi sehat wal'afiat. Sekarang.... saya bisa menggunakan waktu saya...untuk menulis sesuatu dengan fokus yang lebih baik dan penuh kebahagiaan.
Pada tahun yang sama... ayah saya yang berusia 95 tahun... tanpa kondisi kritis menghadap Allah SWT.
Dan masih di tahun yg sama pula....Allah SWT melindungi anak saya dari kecelakaan yang hebat.....Mobil kami memang rusak berat akibat kecelakaan tersebut... tapi anak saya selamat tanpa cacat sedikit pun...
                                     
Pada kalimat terakhir ia menulis :
Tahun itu.... adalah tahun yang penuh limpahan rahmat Allah SWT yg luar biasa.... dan kami lalui dengan takjub.
                                     
Sang penulis tersenyum.... dan mengalir rasa hangat di dadanya atas interpretasi rasa syukur atas tahun menakjubkan yang dilewatinya....
                                         
"Di dalam hidup ini.... kita harus mengerti bahwa bukan kebahagiaan yang membuat kita bersyukur. Namun rasa syukurlah yang membuat kita bahagia...."
                           
Dan... berlatihlah melihat suatu masalah dari sudut pandang positif....

FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram