RESEP dan OBAT KUAT (belajar) DIJAMIN TAHAN LAMA


Tentu setiap pelajar pernah mengalami yang namanya kejenuhan di waktu belajar. Tak bisa dipungkiri bahwake jenuhan adalah faktor utama yang menyebabkan banyaknya pelajar malas dalam melanjutkan pelajarannya. Biasanya kejenuhan disertai dengan kebosanan menimbulkan rasa malas dalam belajar. Mengapa kejenuhan menyebabkan seseorang malas dalam melanjutkan pelajarannya? Karena ketika pelajar tersebut mengalami kejenuhan maka pikirannya biasanya mengalami depresi atau popular disebut dengan kebuntuan pikiran. 
Nah apa itu kebuntuan pikiran? Buntu pikiran adalah keadaan yang mencerminkan daya pikir seseorang yang sedang lemah serta sulit berfikir keras,yang disebabkan oleh kejenuhan dan kebosanan yang menimbulkan rasa malas dalam melanjutkan apa yang akan dia lakukan. Buntu pikiran memiliki banyak dampak yakni menurunkan produktifitas pikiran kamu,menurunkan kinerja otak kamu,dan menghambat jslannya kreatifitas kamu.. Kejenuhan dan kebosanan adalah suatu kesatuan yang bila sudah diderita oleh seorang pelajar maka akan menimbulkan rasa malas pada aktifitas yang sedang dijalaninya.
Bila kamu mudah terserang jenuh, maka kamu juga akan mudah terserang oleh rasa malas. Orang-orang pemalas adalah orang-orang yang selalu mengikuti rasa jenuhnya, sehingga bila kita dapat menaklukkan rasa jenuh kita dapat menyingkirkan segala kebosanan,dan berdampak pula pada kemampuan kita untuk menaklukkan rasa malas.
Taukah kamu mengapa seseorang dapat menyerah? Karena ia mengikuti rasa jenuhnya.Ya, kejenuhan itu datang kepada siapa saja yang mau bersungguh-sungguh untuk belajar.Jadi,bila kamu mau menemukan cara yang nyaman dan efektif untuk belajar ada kalanya kamu harus menemukan cara menaklukkan rasa jenuh itu terlebih dahulu.Karena dengan begitu,kamu dapat belajar dengan tenang dan dan penuh percaya diri untuk menang. Kita ibaratkan rasa jenuh itu sebagai sebuah virus.Lalu bagaimana kah cara kita untuk menaklukkan virus jenuh yang nakal itu?
Penulis memiliki trik-trik yang ampuh dan jitu untuk menaklukkan rasa jenuh. Dan trik-trik ampuh tersebut dibagi dalam 2 bagian yakni menaklukkan rasa jenuh ketika kita sudah mengalaminya (mengobati) dan sebelum mengalaminya (mencegah).Sesuai pepatah,”lebih baik mencegah dari pada mengobati”,maka ada baiknya kita bahas trik-trik ampuh mencegah rasa jenuh.Mau tau? Silahkan di simak.
Cara ampuh mencegah rasa jenuh, ialah:
*  Sebelum kamu belajar persiapkan segala sesuatunya ,jangan biarkan dirimu jenuh karena kurangnya persiapan.
*       Sebelum memulai belajar berdolah,apapun yang mau kamu pelajari berdoalah,sertakan Tuhan dalam setiap perkara-perkara mu dan dalam setiap langkahmu.
*    Tetapkanlah tujuanmu. Contohnya ketika kamu mau belajar Matematika,tetapkanlah dahulu target yang harus kamu capai, seperti kamu harus mampu menyiapkan dan memahami 3 bab pelajaran dalam hari ini.Mengapa kamu butuh menetapkan tujuan? Karena bila kamu sudah memiliki tujuan kamu pasti berusaha sedapat-dapatnya meraih tujuan itu. Pupuklah semangat yang sebesar-besarnya untuk mencapai tujuan itu.Karena dengan semangat kamu dapat membenamkan rasa jenuh kalau-kalau dia datang ketika kamu belajar. Belajarlah dengan semangat,dengan keadaan yang segar,karena kelemahan dari rasa jenuh adalah semangat. Itulah kuncinya. Kamu juga perlu membuat hukuman bagi dirimu sendiri bila kamu berhenti sebelum target tersebut tercapai.

*       Kamu harus percaya diri sebelum memulai belajar,sebelum rasa jenuh itu datang,katakana lah pada dirimu :”Apa yang kita pelajari sekarang adalah kunci utama untuk membuka pintu kesuksesan dan apapun yang menghadangku untuk belajar, baik itu rasa jenuh,rasa malas, rasa bosan, tak kan aku hiraukan. Aku akan terus belajar sedapat yang aku bisa.”
Ucapkan itu dengan penuh percaya diri,lalu bangkitkan semangatmu hingga menyala-nyala.
*       Belajarlah dengan santai, senangi pelajaran tersebut agar jenuh jangan sampai jadikan pikiran kamu buntuk

Nah,tadi kamu sudah menyimak cara-cara ampuh mencegah rasa jenuh,sekarang kita akan membahas cara –cara ampuh mengobati rasa jenuh.
Cara-cara ampuh mengobati rasa jenuh:
Ketika rasa jenuh itu datang pasti kamu mengalami dilema.Apakah akan menutup buku pelajaran atau melanjutkannya. Bila kamu dalam kondisi seperti itu berpikirlah dengan tenang.Jangan lah langsung menyerah. Di saat itulah kamu butuh mempraktekkan cara ini.
*       Ada 1 cara yang paling ampuh versi penulis sendiri, yang digunakan untuk memerangi rasa jenuh. Caranya? Ingat dan bayangkanlah orang-orang yang kamu cintai dan menyayangimu. Ingat mereka, kenang wajah mereka,lalu dalam hati ucapkan: “Aku harus belajar dan meraih prestasi demi membahagiakan mereka ,dan bila aku menyerah karena rasa jenuh ini aku sudah menyia-nyiakan kasih sayang mereka untukku.Aku harus belajar,aku harus terus belajar,sampai tujuanku terwujud”. Ucapakan dengan nada seyakin-yakinnya.Niscaya kamu pasti bisa semangat kembali untuk melanjutkan pelajaran.
*       Berdoalah, yakinkanlah diri kamu bahwa bila iblis dapat membuat kamu jenuh, mengapa Tuhan tidak bisa membuat kamu bersemangat?K alahkan kejenuhan itu dengan bersandar pada keyakinan mu dari pada-Nya,bahwa dengan berdoa kamu dapat meraih kekuatan dari pada-Nya untuk mengalahkan kejenuhan itu
*       Bila 2 cara di atas belum juga bisa membuatmu meraih tenaga untuk menaklukkan kejenuhan,cobalah kecam dirimu.”Ayo kita harus belajar, bila kita berhenti sekarang, semuanya akan sia-sia, kita bukan pecundang, kita pemenang, ayo kita lanjutkan, dan kalahkan kejenuhan ini”. Kecam dirimu dengan fokus pikiran yang mendalam,kalahkan kejenuhan dengan semangat dan kesadaranmu.

*       Bila kamu memang benar-benar jenuh, lakukanlah jeda belajar sebentar. Isi lah waktu istirahat kamu dengan kegiatan yang berguna. Penulis sendiri mengisi waktu-waktu jeda sebaik-baiknya dengan hal-hal; positif yang dapat membangkitkan semangat belajar. Contohnya dengarkanlah MP3,p utarlah lagu-lagu penambah semangat yang dapat membuat dirimu segar kembali.

FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram